Pelatihan Pembuatan Kain Batik

PELATIHAN BATIK

DESA CATURHARJO KECAMATAN SLEMAN

KABUPATEN SLEMAN


            Dalam rangka meningkatkan perekonomian warga Desa Caturharjo agar memiliki kemandirian, maka Kelurahan Desa Caturharjo dan Dinas Sosial Kabupaten Sleman melaksanakan pelatihan pembuatan kain batik. Dalam hal ini Dinas Sosial Kabipaten Sleman menggandeng Team Batik Hijrah Creative sebagai instruktur pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 21 November 2022 di Kantor Kelurahan Caturharjo.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 (duapuluh) orang Ibu - Ibu yang dipilih sebagai perwakilan Desa Carturharjo. Pelatihan ini mengajarkan kepada peserta cara membuat kain batik dari proses awal sampai dengan tahap akhir. Peserta diajarkan cara membuat kain batik dengan teknik pembuatan batik cap dan batik tulis.

Pelatihan Batik ini diharapkan untuk kedepannya Desa Caturharjo bisa menjadi sentra batik di Kabupaten Sleman sehingga perekonomian masyarakat meningkat yang akan berdampak pengentasan kemisikinan di Kabupaten Sleman.     


Pelatihan Batik_1
Foto 1.
Kepala Bidang Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Kepala Desa Caturharjo, Peserta Pelatihan dan      Team Instruktur Batik Hijrah Creative dengan latarbelakang kain batik hasil pelatihan.



Pelatihan Batik_2
Foto 2.
Tahap Awal Peserta Pelatihan menggambar pola pada kain 


Pelatihan Batik 3
Foto 3.
Proses Pencantingan Dengan Malam

Pelatihan Batik 4
Foto 4.
Proses Pewarnaan Kain Batik


Pelatihan Batik 5
Foto 5.
Proses Pelorotan Kain






Chat WA

You Might Also Like

0 Comments